5 Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Membeli rumah merupakah salah satu langkah besar dalam hidup. Di era sekarang dengan harga rumah yang sangat fantastis, pilihan untuk memiliki rumah sendiri terasa sangat berat dan kerap membuat stress.

Namun dengan niat yang kuat dan tekad menabung, hal itu dapat tercapai

Punya rumah idaman sebagai salah satu bentuk aset bukan hanya mimpi dengan menerapkan 5 cara ini

 

  • Menyiapkan target budget

Sambil menabung, ada baiknya menetapkan target budget yang diinginkan untuk membeli rumah. Cara menetapkan budget bisa dihitung dari penghasilan tetap dan tambahan yang disisihkan. Dari budget yang ditargetkan, para calon pembeli rumah harus punya minimal 30% untuk DP. Dengan adanya target dapat membuat kita lebih memiliki tujuan dan semangat untuk mengumpulkan uang.

  • Gaya Hidup Hemat

Harga rumah semakin melambung, oleh karena itu apabila sudah memiliki keinginan untuk membelinya para calon pembeli harus menerapkan gaya hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit, namun sudah mulai sadar mana yang merupakan kebutuhan dan bukan keinginan impulsif semata. Bagi mereka yang ingin hemat juga harus waspada terhadap “bocoran halus”, seperti membeli kopi susu setiap hari, yang dalam setahun sudah bisa menghabiskan sekitar Rp. 5.000.000,-

  • Investasi Sejak Dini

Investasi bukanlah milik kaum elite, di era sekarang ini semua kaum yang sudah memiliki penghasilan bisa melakukan investasi. Bisa bermain saham yang dimulai dari Rp. 20.000,-, atau reksadana, dan juga emas.

  • Menyiapkan tabungan khusus

Ada baiknya bagi para calon pembeli untuk membuka rekening baru dan menyiapkan tabungan khusus untuk membeli rumah. Hal ini dapat mempermudah agar uang yang sudah disisihkan tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan primer yang lain. Tabungan khusus juga memudahkan para calon pembeli untuk menlihat jumlah uang yang ditargetkan untuk membeli rumah.

  • Meningkatkan skor kredit

Bagi para calon pembeli rumah yang ingin membeli rumah dengan sistem KPR, sangat disarankan untuk menggunakan kartu kredit secara aktif dan membayarnya secara lancar. Tidak hanya membayar minimum payment, tapi membayar lunas setiap bulan tanpa tunggakan apapun. Skor kredit yang baik dan lancar dapat mempermudah terbitnya izin KPR dari Bank.

Leave a Reply

Close Menu